Pages

Wednesday 30 January 2013

Pixar Animation Studios


Pixar Animation Studios adalah sebuah studio animasi komputer Amerika Serikat yang berpusat di Emeryville, California dan dikenal dengan meraih tujuh Academy Award. Pixar terkenal dengan hasil film animasi CGI—seperti Toy StoryFinding Nemo, dan Cars—yang dicapai dalam pelaksanaan pemakaian PhotoRealistic RenderMan, yaitu pemrograman aplikasi API, dari Renderman yang digunakan untuk menghasilkan gambar bermutu tinggi.
Pada tanggal 24 Januari 2006The Walt Disney Company setuju untuk membeli Pixar dengan harga $7.4 miliar dengan meniagakan semua sahamnyaPemerolehan tersebut selesai pada 5 Mei 2006 (menukar satu saham Pixar untuk 2.3 saham Disney), membuat Pixar sebuahsubsidiari penuh milik Disney.

Trivia

  • Toy Story 3 adalah satu-satunya film animasi yang berhasil mendapatkan keuntungan di atas $1 miliar, dan hanya film ketujuh yang melakukannya. Toy Story 3 juga adalah film animasi dengan keuntungan tertinggi sejauh ini, mematahkan rekor Shrek 2 dengan $919 juta. Toy Story 3 termasuk diposisi kelima dalam urutan film tersukses sepanjang masa, dan merupakan film dengan keuntungan tertinggi ditahun 2010.
  • Toy Story 2 diumumkan oleh Rotten Tomatoes sebagai Best Rated Movie of All-Time, dengan 100% total rating dari 242 positif dan 0 negatif, sekaligus Best Rated Animated Movie of All-Time.
  • Ketiga seri Toy Story menjadi trilogy terbaik diumumkan oleh Rotten Tomatoes. Masing-masing filmnya mendapatkan rating 100%, 100% dan 99% dan dengan rating rata-rata 99,7%, menjadikan trilogy film ini trilogy terbaik sepanjang masa, mengalahkan trilogy The Lord of the Ringsatau trilogy The Godfather.
  • Ratatouille menjadi film animasi dengan total rating tertinggi dari MetaCritic dengan 96%, mengalahkan rekor temannya sendiri, Toy Story pada tahun 1995 yang mendapatkan total rating 91%
  • Semenjak kesuksesan Monsters, Inc. dan Finding Nemo, Film Cars adalah satu-satunya animasi dari Pixar yang gagal mendapatkan keuntungan di atas 500 Juta Dollar Amerika Serikat
  • The Incredibles adalah animasi pertama dari Pixar yang menampilkan karakter utamanya manusia, bukan hewan atau makhluk khayalan lainnya. Lalu dilanjutkan oleh Up yang juga menampilkan karakter utamanya manusia.
  • Enam dari semua film animasi Pixar berhasil memenangkan Academy Award untuk kategori "Best Animated Feature", yaitu Finding Nemo tahun 2003, The Incredibles tahun 2004, Ratatouilletahun 2007, WALL-E tahun 2008, Up tahun 2009, dan Toy Story 3 tahun 2010. Dua animasi lainnya yang mendapatkan nominasi yang sama tapi gagal memenangkannya adalah Monsters, Inc. tahun 2001 yang kalah oleh Shrek, dan Cars pada tahun 2006 yang kalah oleh Happy Feet
  • Pixar juga adalah produsen animasi yang paling sukses dalam penghargaan "Best Animated Feature" dengan memenangkan enam dari delapan nominasi, pesaing terdekatnya adalah DreamWorks Animation SKG yang telah memenangkan 1 dari 6 nominasi
  • Up menjadi film animasi komputer pertama yang mendapatkan nominasi Academy Award untuk Film Terbaik atau Best Picture, dan kedua untuk animasi keseluruhan setelah Beauty and The Beast pada tahun 1991. Toy Story 3 juga berhasil mendapatkan nominasi Best Picture, menjadikannya film animasi ketiga dan film animasi komputer kedua.
  • Cars 2 adalah film terburuk yang diproduksi Pixar karena tidak seperti pendahulunya yang mendaptkan rating positive.Cars 2 mendapatkan rating 54 dari Metacritic dan 35 dari Rotten Tomatoes.



0 comments:

Post a Comment