Pages

Saturday 12 September 2015

Sidang Kompre S1 Sistem Informasi Paket 1

Ane mau share sidang kompre S1 Sistem Informasi paket 1 di tanggal 12 September 2015

Ane kelas malem kalimalang. Memang sejak dapat jadwal sidang kira2 seminggu sebelum jadwal sidang ane udah deg-degan banget kalau baca blog-blog orang yang pengalaman sidang kompre karena ane baca wahh..soal pertanyaannya teori mulu nih bisa berabe.
Sementara ane lumayan mengerti kalau praktek, ya alhamdulillah background ane SMK Elektronika Komunikasi dan sudah bekerja kira2 6 tahun di bidang IT.


Oleh karena itu dalam seminggu itu ane BB (belajar bareng) dengan temen2 sekelas ya beberapa orang (Hendrik,Hasan,Yoseph,Waltono,Afrido) sampai2 kita belajar praktek (Hasan,Hendrik saja) langsung ke Data Center tempat kerja ane dulu salah satu NAP(Network Access Provider) kebetulan dulu ane admin disana jadi masih bisa masuk ke DC nya (hahaha..) dan jangan lupa belajar teori.


(time skip)

Tibalah pada hari H (sabtu,12-09-2015) tiba kami janjian untuk berangkat bersama di titik pertemuan (Plaza Taman Modern) jam 05:30 yang datang Hasan,Agust +istri sebagai supporter,Hendrik dan ane. Sampai di Kenari jam 06:00, WOw!! maklum hari sabtu. Menunggu jam 7 langsung meluncur ke lt 5 (kompre) dan lt 2 (skripsi), ya kan ane kompre jadi ke lt 5. Kemudian di briefing ini..itu..ini..itu.. wah malah nakut2in ini kalau gak lulus (deg deg deg).

Akhirnya dibagikan kartu sidang dan dosen pengujinya. Karena ane paket 1 ane langsung baca pengujinya siapa. Dan

treng treng...


Sistem Operasi : Brahmantyo Haruseto,Dr
Jaringan Komputer : I Made Wiryana, Dr. rer. Nat (waduh gelar apaan nih)
Keamanan Komputer : Muhammad Yamin, Dr.,Ing (nah apa lagi nih Ing)

Temen ane sebelah nakut2in, wah pak Made lu,susah itu katanya. Wah makin deg2an ajah, meski ane udah ada basicnya.
Tapi ane beranikan, yoweslah siapa kek, maju sini! hahaha,

Kemudian ane diarahkan ke lt 6 untuk daftar lagi ke helpdesk lt 6 daftar urutan, setelah lumayan lama menunggu dan kena cengan temen2 yang udah maju sidang duluan karena mereka beda penguji ditakut2i penguji ane susah, makin deg2an.

Akhirnya nama ane dipanggil "Malik"!. Ok ane masuk. 

Langsung saja ditanya oleh penguji "Sudah siap?" langsung ane jawab "Siap pak!", (P=Penguji, A=Ane)

P: "Sudah belajar berapa lama?" & (karena ane belajar belum lama) dengan polosnya ane jawab "saya sudah kerja 6 tahun di IT pak" (aduh bego banget ane jawab gitu dibantai dah ane)
P: "Wah, ini kalau gak bisa jawab kita suruh perusahaannya pecat nih ya" (dalem hati jiirrrrr)
Pak Made memulai aksinya memberikan soal di Laptop dengan soal "Topologi" ane berpikir " Wah gampang nih ane bikin topologi sedetail-detailnya okelah ane duduk lagi.
P: Itu kenapa printernya di client?
A: Cukup di share aja pak
P: saya ga mau! tar kalau clientnya mati gimana (ane pikir "iya juga sih"), langsung ane ganti pake IP tuh printer,
P: saya ga mau pake IP printernya, boros port! (mikir lagi "hmmm"), langsung ane ganti lagi konekin ke server aja.
Penguji diam sebentar,
P: Yaudah lanjut ke pertanyaan selanjutnya, liat layar "Apa perbedaan SSH dan SSL?" (baru mau jawab)
P: Lahh, itu belum selesai topologinya? Kamu ga baca soal semuanya ya? belum semua itu! (dengan nada intimidasi)
A: (Oiya ya ane belum baca full, hahahha).
P: (penguji membacakan soal lengkap minta dikasih internet) langsung ane kerjakan tambahin cloud internet, modem dan router.
P: Lahh, keamanan komputernya mana? Baca soalnya dong!
A: (deg deg hmmm, "mikir") oiya ane namain aja itu router "Mikrotik RB 450G"---->firewall (jadi firewallnya disetting di mikrotik).


Nah abis ini nih ane dicecer sampe deg2an Sistem Operasi.
P: Kalau kamu share ini printer,pakai protokol apa?
A: Klik kanan aja pak,properties share printer (iya donk kan emang gitu share printer).
P: Iya,protokolnya apa?
A: File Sharing pak di Windows
P: Di Enterprise mana ada windows, selain itu?
A: Pakai Samba pak di Linux
P: Selain itu?yang ga pake TCP/IP
A: (Diemm... apa lagi?emang ada?)
P: Di Solaris protokolnya apa?
A: (Nah luh, ane belom pernah pake solaris, boro2 tau protokolnya)
P: Penguji 1-2-3 mulai intimdiasi "wah kalau kerja di minyak udah dipecat ini gatau solaris"
A: (jirrr, dipecat ane -_-")
mencoba memecah suasana, maaf pak saya belum pernah pakai solaris tahu pakainya server windows/linux
P: Kamu tau active directory?
A: Tau pak (pasang muka senyum)
P: Nah kalau solaris?
A: (Diemm beberapa saat)
P: (kemudian dibantu jawab) LDAP
A: (Nah loh, protokol apa itu LDAP? baru denger, kayanya ane musti S2 dulu nih, hahaha..) mencoba memecah suasana lagi, maaf saya belum pernah pakai solaris pak.
P: Yasudah, sudah selesai silahkan keluar.
A: Terima kasih pak (mesem2).

Langsung info lagi ke helpdesk lantai kalau udah kelar sidang. Temen2 ane (Hendrik,Hasan cerita dikit2 sembari ngakak) mereka udah nungguin dan kita segera meluncur ke bawah, (laper semua) cari makan karena udah siang sembari ane google itu LDAP (hmmm, masih penasaran besok ane install dah tuh solaris cari tau).

Menunggu pengumuman di lt 1 info kelulusan, kebetulan pada gelombang 1 nama ane dipanggil. Dikumpulkan di lt2, kena briefing lagi sampe pegel. Dan kemudian dibagi 3 kelompok, ane kedapetan kelompok 3 bareng Hendrik & Hasan. Jreng jreng pengumuman tiba "Kelompok 1-2-3" Lulus. Alhamdulillah salam2an ke Hendrik & Hasan (Hasan yang lemes denger pengumuman lulus)


Tibalah gelombang 2 tapi ane menunggu temen2 lain yang gelombang 2 di parkiran berharap mereka lulus juga (pas diluar banyak banget supporter orang2 yang sidang tapi kami? mana nih ga ada hahahha). Dan akhirnya info lagi release, SEMUA kelasan yang ane kenal LULUS :) Alhamdulillah lulus semua.

Kebetulan ane khawatir dengan 1 teman yaitu Waltono (karena dia berhalangan terus kalau di ajak BB, cuma sekali sih dateng) namun dia punya cerita sangat Unik dan Miracle pada saat sidang (mungkin nanti lah diceritakan lagi, hehee).




Salam Sukses!

0 comments:

Post a Comment