Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia
AIMC (Automotive Multimedia Interface Collaboration) atau Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia adalah suatu organisasi dunia yang mengurusi atau memberikan standar kepada perusahaan otomotif dalam membangun interface (antarmuka) multimedia pada kendaraan yang akan diproduksi oleh perusahaan otomotif.
Sistem multimedia yang ada di dalam sistem otomotif meliputi sistem dari kendaraan itu sendiri, sistem kendaraan yang terhubung dengan mobile system, dan sistem entertaiment (hiburan) yang ada di dalam mobil.
SEJARAH AIM-C
The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil.
Beberapa perusahaan terlibat dalam organisasi AIM-C ini. Mereka bisa dibagi dua jenis yaitu perusahaan otomotif-nya (Vehicle Coorporation) dan perusahaan pendukung (Support Coorporation).
Yang menjadi Vehicle Coorporation antara lain:
FIAT, Ford Motor Company
– General Motors
– Honda
– Nissan
– Toyota
– Renault
– PSA Peugeot Citroen
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN AMI-C
KELEBIHAN AMI-C
Kekurangan dari AMI-C
SARAN
Teknologi ini sangat baik untuk dikembangkan di era saat ini karena membantu banyak pihak dalam mengoperasikan kendaraan namun harus tetap memperhatikan aspek keselamatan pengendara sehingga safety control benar-benar harus ditingkatkan lagi dan lagi, serta dari segi harga karena teknologi ini terbilang canggih harga bisa ditekan kembali sehingga beberapa pihak lain dapat merasakan teknologi ini.
Sumber :
SOURCE-1
SOURCE-2
AIMC (Automotive Multimedia Interface Collaboration) atau Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia adalah suatu organisasi dunia yang mengurusi atau memberikan standar kepada perusahaan otomotif dalam membangun interface (antarmuka) multimedia pada kendaraan yang akan diproduksi oleh perusahaan otomotif.
Sistem multimedia yang ada di dalam sistem otomotif meliputi sistem dari kendaraan itu sendiri, sistem kendaraan yang terhubung dengan mobile system, dan sistem entertaiment (hiburan) yang ada di dalam mobil.
SEJARAH AIM-C
The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil.
Beberapa perusahaan terlibat dalam organisasi AIM-C ini. Mereka bisa dibagi dua jenis yaitu perusahaan otomotif-nya (Vehicle Coorporation) dan perusahaan pendukung (Support Coorporation).
Yang menjadi Vehicle Coorporation antara lain:
FIAT, Ford Motor Company
– General Motors
– Honda
– Nissan
– Toyota
– Renault
– PSA Peugeot Citroen
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN AMI-C
KELEBIHAN AMI-C
- Menyediakan interface yang berstandar, sehingga memungkinkan seorang pengendara kendaraan (mobil) dapat menggunakan perangkat lain melalui berbagai media, komputer, perangkat komunikasi dari sistem navigasi dan handsfreeyang biasa digunakan pada telepon selular, termasuk pengenalan suara sintesis yang berfungsi untuk komunikasi jarak dekat untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat (DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
- Meningkatkan berbagai macam pilihan yang dapat digunakan oleh user dan juga untuk mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
- Memotong biaya yang dikeluarkan untuk keseluruhan informasi kendaraan dan juga peralatan hidubran dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan industri otomotif efektif. Karena banyak jumlah kendaraan yang sering mengandung berbagai adat mengembangkan komponen dan platfor yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
- Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi bagi informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dengan dunia luar.
Kekurangan dari AMI-C
- Harga jual kendaraan menjadi mahal karena sistem yang diciptakan hasil dari kolaborasi antar berbagai produsen.
- Media yang disajikan cukup banyak sehingga membutuhkan waktu untuk terbiasa dalam pengoperasiannya.
- Memperbesar kemungkinan kelalaian dalam menggunakan sistem tersebut sehingga berakibat kecelakaan.
SARAN
Teknologi ini sangat baik untuk dikembangkan di era saat ini karena membantu banyak pihak dalam mengoperasikan kendaraan namun harus tetap memperhatikan aspek keselamatan pengendara sehingga safety control benar-benar harus ditingkatkan lagi dan lagi, serta dari segi harga karena teknologi ini terbilang canggih harga bisa ditekan kembali sehingga beberapa pihak lain dapat merasakan teknologi ini.
Sumber :
SOURCE-1
SOURCE-2
0 comments:
Post a Comment